Minggu, 09 Juni 2019

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan NMAP

  • PENGERTIAN NMAP
     Network Mapper (NMAP) adalah sebuah aplikasi atau tool yang berfungsi untuk melakukan port scanning. Aplikasi ini digunakan untuk meng-audit jaringan yang ada. Dengan menggunakan tool ini, kita dapat melihat host yang aktif, port yang terbuka, sistem oprasi yang digunakan, dan feature-feature scanning lainnya. Pada awalnya,Nmap hanya bisa berjalan di sistem operasi linux, namun dalam perkembangannya sekarang ini, hampir semua sistem operasi bisa menjalankan Nmap, seperti paket biner resmi yang tersedia untuk Linux, Windows dan Mac Os X. 
Nmap menggunakan paket IP baku dengan cara baru untuk menentukan apa host yang tersedia pada jaringan, Nmap dirancang untuk secara cepat memindai jaringan yang besar, tetapi tetap bekerja pada host tunggal. 
Meskipun Nmap pada umumnya digunakan untuk audit jaringan yang ada, namun banyak administrator sistem dan jaringan menganggapnya berguna untuk tugas rutin seperti inventori jaringan, mengelola jadwal upgrade layanan dan melakukan monitoring uptime host atau layanan.
Nmap di rancang oleh Goldon Lyon atau lebih di kenal dengan dengan nama Fyodot Vaskovich. Di rilis secara perdana pada September,1997 dan di rilis stabil pada 21 mei 2012; 7 tahun yang lalu. Bahasa pemrograman Nmap menggunakan C, C++, Pyton, Lua. Ada beberapa jenis nmap seperti computer security dan network management.
  • KELEBIHAN NMAP
1. Mampu didunakan sebagai network inventory tools dan mapping IP, port dan services
2. Mampu mendeteksi vulnerability di network Port scanning
3. Relatif mudah digunakan 

  • KEKURANGAN NMAP

Sulit menemukan issue tertentu terutama vulnerability di bagian aplikasi, nmap pada umunya di gunakan untuk memnemukan celah vulnerability di bagian netwokFitur Nmap 
Deteksi SO dengan menggunakan fingerprint stavk TCP/IP.




Sumber kutipan:
http://anwarmusaddat.blogspot.com/2017/11/review-software-audit-sistem-informasi.html?m=1

http://indocyberarmy.blogspot.com/2015/01/fungsi-nmap-dan-cara-menggunakannya.html?m=1

                        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar